Jumat, 29 Mei 2009

Sumber Bunyi

Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara.

Alam kita terdiri atas energi, materi dan gelombang(frekuensi)

Bunyi adalah energi yang berubah menjadi gelombang.

Gelombang merambat kesemua jurusan, untuk merambat melewati ruang dia memerlukan materi. Materi yang diperlukan bunyi untuk merambat adalah udara.

Sumber bunyi (materi yang bergetar karena enegi) --> bunyi (gelombang) --> merambat melalui udara (materi) --> sampai ke telinga (materi) --> komponen telinga bergetar --> diterjemahkan oleh otak menjadi bunyi.

Gelombang adalah unsur alam yang kuat karena bisa 'menguasai' kendala ruang dan waktu. Namun dia membutuhkan materi untuk merambat, dan energi sebagai sumber awalnya.

Semoga bisa membantu memahami alam kita yang terdiri atas energi, materi dan gelombang(frekuensi)

gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal (gelombang rapat dan renggang) yang merambat sejajar bersama arah getar. bunyi hanya dapat merambat melalui zat perantara / medium saperti zat padat, cair dan gas. tetapi pada ruang hampa ia tidak dapat merambat. bunyi yang dapat didengar oleh manusia hanya yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz disebut ultrasonik.

syarat yang diperlukan agar bunyi dapat didengar :
1. adanya sumber bunyi
2. adanya medium perambatan (padat, cair dan gas)
3. adanya pendengar yang sehat

Proses bunyi sampai dapat didengar manusia :
bunyi yang merambat --> daun telinga --> saluran telinga --> menggetarkan membran timpani (selaput gendang) --> menggetarkan tulang martil, landasan, sanggurdi --> tingkap jorong --> rumah siput (koklea) --> otak besar
materi referensi:
physics n biology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar